Beberapa Hasil Survei Platform yang Menyediakan Aplikasi Untuk Penggunanya


Di bawah ini adalah beberapa survei mengenai beberapa platform yang menyediakan aplikasi, baik itu gratis maupun berbayar.

Daftar platform dengan free application yang paling banyak
1. Android 57%
2. Palm 32%
3. Apple 25%
4. BlackBerry 24%
5. Windows Mobile 22%
6. Nokia Ovi 15%

Daftar harga Paid Application di setiap platform secara rata-rata:
1. BlackBerry US $ 8,26
2. Windows Mobile US $ 6,99
3. Apple US $ 3,62
4. Nokia Ovi US $ 3,47
5. Android US $ 3,27
6. Palm US $ 2,53

Dari hasil survei di atas kita tahu bahwa platform Android dinilai paling banyak menawarkan aplikasi gratisan yang berjalan di atasnya. Sementara penilaian minor dilayangkan terhadap BlackBerry yang harga rata-rata aplikasinya dianggap paling mahal. Presentase yang dibukukan Android milik Google ini terbilang cukup jauh melampaui para pesaingnya. Lihat saja untuk posisi kedua yang ditempati Palm, hanya memiliki presentase 32% aplikasi gratisan. Dan menurut penelitian, 57% dari aplikasi dari Android yang ada di dunia maya adalah gratis atau bisa digunakan secara cuma-cuma.

Perusahaan besar Apple dan RIM untuk BlackBerry harus puas berada di posisi ketiga dan keempat dengan presentase masing-masing 25% dan 24%. Adapun di posisi buncit ditempati perusahaan ponsel asal finlandia, yaitu Nokia, dengan layanan Ovi-nya yang hanya memiliki 15% aplikasi gratisan. Penilaian positif terhadap Android ini dianggap terpengaruh dari pola keterbukaan (open source) yang mereka usung. Alhasil, para pengembang lebih tertarik pada platform yang berbasis Android, karena tujuan mereka membuat aplikasi tanpa memikirkan nilai komersil semata.

Sementara untuk kategori harga aplikasi yang ditawarkan beberapa platform, aplikasi dari RIM untuk BlackBerry diakui menjadi yang harga yang termahal. Harga rata-rata untuk “paid application” BlackBerry diprediksi mencapai US$ 8,26. Sementara yang paling murah adalah platform yang berbasis Palm dengan US$ 2,53. Saat ini BlackBerry banyak menyediakan software BlackBerry Tour, software BlackBerry Pearl, software BlackBerry Storm, software BlackBerry Curve. Harga yang ditentukan oleh BlackBerry sendiri juga, karena aplikasi yang disediakan sangatlah bagus. BlackBerry sendiri telah mendunia karena segala kemudahan yang diberikan serta fitur-fitur yang disediakan membuat handphone ini banyak peminatnya di Indonesia, bukan hanya kawula muda yang ingin gaul namun juga para pebisnis.

0 comments on Beberapa Hasil Survei Platform yang Menyediakan Aplikasi Untuk Penggunanya :

Post a Comment