Mengatasi CPU Usage 100% Dan Windows Explorer Hang

Mengatasi CPU Usage 100% Dan Windows Explorer Hang. Pada bahasan kali ini saya ingin berbagi tips untuk mengatasi permasalahan pada Windows, yaitu permasalahan CPU Usage yang tinggi, dimana menunjukan angka 100% terus, padahal hanya membuka beberapa file dan program saja dan Windows Explorer yang sering hang/not responding pada saat anda menggunakannya.




Permasalahan tersebut banyak sekali penyebabnya, seperti adanya virus, malware, spyware, WIndows yang bermasalah, atau permasalahan hardware (klo yang ini saya angkat tangan…hehe). Namun jika sebeumnya anda menggunakan laptop atau komputer anda tidak ada masalah, dan tiba-tiba anda menemui masalah seperti ini, anda perlu curiga dan mencari tahu permasalahannya, mungkin saja hal tersebut bukan permasalahan hardware.
Setelah melakukan troubleshoot dan Googling akhirnya saya temukan permasalahannya. Berikut cara mengatasinya:
1. Scan PC anda dengan program pembasmi Adware, Malware, Spyware.
Adware, Malware, dan Spyware berbeda dengan Virus, program-program di atas adalah program-program jahat yang memperlambat kinerja komputer (Adware dan Malware), dan memata-matai aktivitas komputer anda dari jauh (Spyware), apabila komputer anda terkoneksi internet.
Untuk menanganinya anda dapat menggunakan program Super Anti Spyware, program ini gratis dan dapat anda download di website resminya di http://www.superantispyware.com/ dan anda klik linkDownload SUPERAntiSpyware FREE Edition. Setelah install saya sarankan untuk melakukan update database terlebih dahulu sebelum melakukan scanning.
2. Disable program-program aneh yang dijalankan pada Startup Windows.
Tanpa anda sadari banyak program-program yang tidak anda kenal dijalankan pada Windows Startup, yang menyebabkan lambatnya kinerja komputer anda, untuk menghapusnya anda dapat menjalankan.
Start – Run - ketikkan msconfig, lalu akan muncul jendela System Configuration Utility, kemudian anda klik tab Startup, kemudian uncheck program-program startup yang tidak penting. Untuk mengetahui pentingnya program tersebut anda bisa mengeceknya yang ada pada program-program yang anda install yang penting dijalankan pada saat Startup Windows.
3. Hapus Key InProcServer32 pada Regedit.
Apabila cara pertama dan kedua tidak berhasil, anda dapat menggunakan cara ini, yaitu menghapus key InProcServer32 pada Regedit, key ini berfungsi untuk membaca semua file media, seperti .AVI pada harddisk anda, sehingga membuat kerja Windows Explorer menjadi lebih berat, dan mengakibatkan Hang dan CPU Usage tinggi.
Cara menghapusnya:
Start – Run - ketikkan regedit, lalu akan muncul jendela Registry Editor, kemudian anda masuk ke HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{c5a40261-cd64-4ccf-84cb-c394da41d590}\InProcServer32
Backup terlebih dahulu dengan cara Klik kanan pada Key InProcServer32 – Export. Setelah selesai hapus key InProcServer32 tersebut, dan coba Restart Windows anda.
Dari cara-cara di atas, penulis melakukan cara terakhir dan terbukti kinerja Windows Explorer dan CPU Usage kembali normal, bagaimana dengan anda? :D
Semoga bermanfaat. :-)

0 comments on Mengatasi CPU Usage 100% Dan Windows Explorer Hang :

Post a Comment