Membuat Daftar Isi Wordpress

Sebelumnya WordPress.com tidak mempunyai fasilitas ini sehingga untuk membuat daftar isi harus dibuat secara manual dengan menuliskan link satu persatu. Namun saat ini WordPress.com telah menambahkan fasilitas untuk membuat daftar isi secara otomatis.

Cara membuatnya yaitu dengan menambahkan kode [archives] ke dalam halaman, postingan ataupun sidebar. Sebaiknya Daftar Isi ditempatkan di sebuah halaman agar lebih memudahkan pembaca untuk melihatnya.
  1. Silakan masuk ke Dashboard kemudian klik Page dan Add New Page.
  2. Pada bagian judul ketiklah judul Daftar Isi atau Sitemap atau sesuai selera anda.
  3. Pada isi postingan (HTML mode) ketik : [archives]
  4. Pada bagian Disscusion, hilangkan centang pada bagian : Allow comments. agar tidak bisa dikomentari dan bagian : Allow trackbacks and pingbacks on this page supaya tidak bisa dikirimi trackbacks dan pingback,  jadi hanya khusus untuk Daftar Isi.
  5. Simpan halaman tersebut.

Selain berbentuk list seperti di atas dapat pula berbentuk drop down.
Kodenya adalah [archives format=option]

Untuk variasi lain kita bisa membuat font judul postingan menjadi tebal (bold), miring (Italic) dan mengganti list style dari default model bullet (•) menjadi angka (ordered list). Misalnya jika judul-judul postingan akan ditampilkan dengan variasi font tebal dan diurutkan dengan nomor (ordered list) kodenya kira-kira seperti ini (harus ditulis dalam posisi HTML mode) :

<ol>
    <li><strong>[archives]</strong></li>
</ol>

Untuk WordPress dengan hosting sendiri cara membuat daftar isinya bisa memanfaatkan Dagon Design Sitemap Generator Plugin for WordPress, tampilannya berdasarkan kategori. Next Time Akan Saya Post.

0 comments on Membuat Daftar Isi Wordpress :

Post a Comment